Senin, 21 September 2015

Kumpulan mutiara nasehat islam (bag. 2)


51. Tujuan Hidup
"Manusia yang tidak punya tujuan hidup maka dia ibarat sampah ditengah lautan mudah terombang ambing (mudah dipermainkan setan)".
"Mudah ikut-ikutan tanpa tahu yang dikuti sesat dan menyesatkan".
Maka seorang muslim pasti punya tujuan hidup yang jelas sekali yaitu beribadah kepada Allah semata"
(ashabul muslimin)

52. Mata dhohir dan mata bathin
"Manusia punya dua mata yaitu mata dhohir dan mata batin. Mata dhohir yang diumbar untuk melihat barang-barang maksiat akan mengakibatkan kebuataan mata bathin. Padahal kebagiaan yang sesungguhnya adalah bila manusia dapat melihat dunia ini dengan mata bathin".
"Karena tak jarang orang yang buta mata jasmaninya namun bisa merasakan kebahagiaan karena dikaruniai  ALLAH mata bathin yang sehat".
(ashabul muslimin)

53. 5 karakter guru yang baik
"Ada 5 syarat seorang guru bila anda belajar kepadanya maka (inssyaAllah) anda benar-benar merasakan manfaat  dari ilmu yang diajarkannya yaitu Mempunyai ilmu, makrifat (kesadaran diri dan pemahaman), ketawadhu'an (sederhana dan rendah hati), mengamalkan ilmunya, Bertakwa kepada Allah.
(nasehat ulama bijak)

54. kecantikan bathin
 "Nikahilah seseorang karena agamanya bila ingin bahagia. Karena kecantikan dhohir, harta, dan nasab (keturunan) yang terpandang tidak menjamin kebahagiaan bila tidak diringi dengan iman".

"Kecantikan dhohir kadang justru membuat orang binasa, tapi kecantikan batin yang bisa membuat orang bahagia namun diabaikan karena lebih menyukai topeng dari pada wajah asli. 
(jangan sekedar memandang keelokan wajah tapi mengabaikan kebaikan akhlaq mulia)".  

memang beruntung seseorang istri yang punya kecantikan lahir dan batin tapi itu jarang biasanya berat yang sebelah. wanita cantik cenderung tidak setia karena ia gampang "laku". kecuali Allah memberikan hidayah yang besar kepada wanita itu.
(syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

55. ciri anak sholeh
"Ciri anak sholeh adalah bertakwa kepada Allah dan Rasulnya, Berbakti kepada orang tua dan berguna bagi sesama manusia. Maka belum dikatakan anak sholeh bila taat beribadah namun selalu menjengkelkan orang tua dan menyakiti temannya".
(Ashabul muslimin)

56. Masalah adalah kehidupan
"Masalah adalah kehidupan, kehidupan takkan berjalan tanpa masalah. Memikirkan masalah berlama-lama seperti memegang sebutir kerikil yang dipegang lama juga, walaupun tidak berat namun kalau lama-lama dipegang pasti tangan juga pasti pegal. Begitu pula dengan sesuatu yang bernama masalah. Semakin lama orang memikirkan masalah maka semakin capek pikirannya, padahal masalah itu seperti air mengalir (selesai satu yang lain muncul lagi). Maka tak ada solusi lain menghadapi masalah melainkan meletakan kerikil itu (jangan dipikirkan) dan serahkan kerikil itu kepada yang punya (pasrahkan urusan kepada Allah)".
(ashabul muslimin)

57. Katak terperangkap dalam tempurung
"Katak dalam tempurung. Ibarat orang yang pinter namun keblinger (bingung sendiri oleh ilmunya). Seakan-akan dia sendiri paling hebat dan paling benar (sombong). Padahal dia tak tahu kalau diatas tempurung yang menutupinya ada banyak kehebatan-kehebatan yang lebih hebat  dari ilmunya".
"maka  dari itulah mari kita jangan jadi katak dalam tempurung yaitu orang pandai yang sombong dengan ilmunya, akhirnya disibukkan oleh ilmunya sendiri (kebingungan)".
(ashabul muslimin)

58. Allah mewajibkan berbuat baik
"Sesungguhnya Alloh mewajibkan (kalian) berbuat baik terhadap segala sesuatu, jika ingin membunuh orang (dalam jihad atau qishos) maka harus dilakukan dengan cara yang sebaik-baiknya jangan sampai menyiksa yang dibunuh. atau menyembelih binatangpun jangan sampai menyiksa yang  disembelih (yaitu dengan cara menajamkan senjata).  
"maka menasehati orang pun harus dengan cara yang baik. Cara yang salah justru menjauhkan orang  dari kebenaran".
(ashabul muslimin)

60. bertakwalah kepada Allah dimanapun berada
"Bertakwalah kamu kepada Alloh di mana pun kamu berada, janganlah (berbuat) baik didalam tapi jelek diluar atau baik diluar tapi jelek didalam.  iringilah kesalahanmu dengan kebaikan niscaya ia dapat menghapuskannya dan pergaulilah semua manusia dengan budi pekerti yang baik supaya anda banyak teman dan banyak saudara. Banyak teman banyak saudara merupakan salah satu kunci kebahagian."
(Syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

61. Ingatlah Allah diwaktu senang...
"Ingatlah Alloh di waktu lapang niscaya Dia akan menolongmu saat  kesulitan, dan segala sesuatu pasti sudah jadi kehendak-Nya .dibalik kesabaran ada kemenangan, dibalik ujian dan cobaan ada solusi pemecahan dan dibalik kesulitan pasti ada kemudahan."
(syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

62. Hilangnya rasa malu dan akibatnya
"Nyaris tak ada kebaikan sama sekali seseorang yang tidak punya rasa malu. Padahal malu adalah sebagian  dari iman. Kalau malu hilang sudah pasti pertanda rusaknya keimanan seseorang. Maka pantaslah nabi berwasiat "jika kau tidak malu berbuatlah semaumu". Memang tak ada orang yang sudah kehilangan malu melainkan orang yang hilang akal meskipun secara penampilan kelihatan waras".
(syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

63. Istiqomah adalah nasehat terbaik
Rasulullah saw pernah bersabda"Berimanlah kepada Allah dan Istiqomahlah. Ternyata dua nasehat itu walaupun Cuma dua kata namun jika diamalkan sulitnya tidak main-main. Karena nasehat ini adalah nasehat terbaik  dari rasulullah karena tak ada yang punya nasehat ini (pertama kali) melainkan rasulullah". Karena itulah surga memang balasan yang pantas bagi orang beriman yang istiqomah sampai akhir hayat".
(syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

64. Amalkan semampunya
"Amalkan yang wajib dahulu baru yang dianjurkan (sunah)semampunya. Halalkan yang halal dan haramkan yang haram jangan suka menyamarkan hukum demi hawa nafsu. Jangan suka membuat amalan-amalan baru yang tidak ada anjurannya  dari rasul karena bisa jadi itu perbuatan setan."
Ketiga hal itu bila dilaksanakan dengan baik maka rasulullah menjamin InsyaAllah masuk surga"
(syair ashabul muslimin dari hadits)

65. Bersuci adalah separuh dari keimanan
"Bersuci adalah separuh  dari keimanan". Karena ibadah wajib (sholat dan puasa) tidak diterima tanpa bersuci terlebih dahulu. Yaitu sebelum beribadah harus berwudhu dan ibadah wajib  tidak sah dalam keadaan haidh".
(syair ashabul muslimin dari hadits)

66.  Hendaklah memuji Allah saat mendapatkan kebaikan
Maka barang siapa mendapatkan kebaikan, hendaklah ia memuji Alloh. Karena tak ada pertolongan melainkan  daripada Allah. dan barang siapa mendapatkan selain itu (keburukan), hendaklah ia tidak mencela kecuali dirinya sendirinya. Karena segala perbuatan pasti ada konsekuensinya."
Yang baik mendapatkan balasan yang baik, yang jelek akan mendapatkan balasan yang jelek pula. Tak akan pernah terbalik karena itu sudah menjadi ketentuan Allah."
(Syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

67. Dunia adalah tempat berjualan amal kepada Allah
"Setiap jiwa manusia melakukan amal untuk menjual dirinya, maka sebagian mereka ada yang membebaskannya ( dari siksa Alloh) dengan amalan-amalan shalih dan sebagian lain ada yang menjerumuskannya (dalam siksa-Nya) karena mengerjakan amalan-amalan buruk."
"Karena tidak ada perbuatan buruk ataupun baik walaupun sebesar biji zarah pasti pelakunya akan melihatnya dan mendapatkan balasannya pada hari pengadilan".
"Karena itu gadailah surga dengan amalan-amalan shalih yang kamu kerjakan didunia. Janganlah kamu menggadai kenikmatan surga dengan kenikmatan dunia yang sementara dengan berbuat maksiat yang kamu lakukan didunia".
(syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

68.  Sedekah penerang alam kubur
"Dzikir, menolong orang kesusahan, menyerukan kebaikan, melarang kemungkaran, mempergauli istri dengan baik, menyingkirkan penghalang  dari jalan adalah sedekah. Perbanyaklah sedekah meskipun kecil tapi yang penting istiqomah, karena sedekah adalah penerang gelapnya alam sesudah mati (alam barzah)".
(syair ashabul muslimin dari hadits)

69. Kebenaran dan keburukan
"Kebenaran adalah apa yang membuat jiwa menjadi tenang, keburukan adalah apa saja yang membuat hatimu resah walaupun banyak orang membenarkan keburukan itu".
(syair ashabul muslimin  dari hadits nabi)

70. Tetapkan pendirian teguhkan keimanan
"Jangan melihat kebenaran  dari banyaknya pengikut, karena kebanyakan manusia hanya suka menyangka-nyangka dan mengkira-kira. Tapi lihatlah kebenaran itu berdasarkan pandangan Tuhan (Allah SWT), karena itulah kebenaran yang mutlak".
"dan al-Qur'an adalah petunjuk  dari Tuhan yang mudah dipahami dan al hadits (sabda nabi) adalah penjelasan Qur'an paling hakiki".
(syair ashabul muslimin  dari surat al-anam ayat 116)

71. Berdakwah dengan bahasa yang mudah dipahami
"Berdakwaklah (beri nasehat)  dengan cara yang paling mudah dipahami dan dimengerti oleh pendengar.
Karena nabi telah menganjurkan supaya "permudahlah jangan dipersulit". Maka orang yang mempersulit orang lain justru dia sendiri yang akan tertimpa kesulitan".
Islam mengajarkan kepada kebaikan. bukan sekedar hafalan dalil / amalan lisan  akan tetapi utamanya adalah amal dhohirnya (dipraktekan).
".dan ilmu satu jika dipraktekan akan berkembang jadi seribu".
".Maka tak usah menghafal seribu ilmu sebelum pandai mempraktekan ilmu satu. Karena satu saja belum bisa apalagi yang seribu".
"Karena tak jarang orang pinter tapi keblinger (kebingungan) karena menghafal banyak ilmu namun otaknya keberatan sehingga bingung darimana yang mau diamalkan". Akhirnya banyak ilmu bukan menjadi solusi tapi menjadi beban pikiran".
(syair ashabul muslimin  dari hadits nabi)

72.  Menaati rasul = menaati Allah

"Barangsiapa menaati rasul artinya dia menaati Allah ta'ala. Maka sungguh buruk perbuatan orang yang suka "neko-neko" cari jalan sendiri (membuat amalan-amalan yang tidak dicontohkan rasulullah) karena bisa jadi setan yang jadi gurunya".
(syair ashabul muslimin dari Mutiara ayat Qur'an)

73. Masalah pokok yang memasukan kedalam surga
"Engkau harus menyembah Alloh dan jangan menyekutukan-Nya dengan apapun, mendirikan sholat, mengeluarkan zakat, berpuasa Ramadhan, dan haji ke Baitullah. Hal ini adalah pokok perkara besar yang dapat memasukkan manusia kedalam surga dan menjauhkan dari neraka. Tidak ada yang sulit (besar) bila Allah memudahkan. Maka bertawakalah kita kepada Allah semampunya".
(ashabul muslimin)

74. Sami'na wa 'atho'na (dengarkan dan patuhilah)
"Allah membuat kewajiban untuk dipatuhi bukan untuk diingkari
, Allah membuat hukum untuk ditaati bukan untuk dilanggar,
Allah menghalalkan sesuatu karena kasih sayang maka janganlah berlebihan menggunakannya,
Allah mengharamkan sesuatu untuk dijauhi demi kemaslahatanmu maka jangan mencari alasan untuk menghalalkannya.
"Karena tidak ada seorangpun yang ingkar kepada Allah melainkan dia sedang berjalan menuju neraka jahanam bersama iblis sebagai dedengkotnya".
(Ashabul muslimin dari hadits nabi)

75. Zuhud adalah kemuliaan
"Jika anda ingin dicintai Allah dan sesama manusia maka berzuhudlah (bersifat sederhana dan tidak berharap banyak dengan dunia)". Ketauhilah bahwa dunia ini sementara dan akhirat kekal selamanya".
(ashabul muslimin dari hadits nabi)

76. Hukum yang adil mengutamakan kebenaran
"hukuman yang disejutui karena hanya bersifat tuduhan maka akan banyak ditemukan ketidak adilan didalamnya. Karena itu janganlah menghukum seseorang tanpa bukti dan hendaklah yang dituduh bersumpah (tidak bersalah) bila memang benar tidak melakukan yang dituduhkan."
"Ingatlah dosa yang terbebas dari hukuman dunia pasti konsekuensinya sangat berat diakhirat, karena itu jangan suka main sumpah atau main tuduh hanya untuk membela diri yang salah".
(ashabul muslimin dari hadits nabi)

79. Membela kebenaran dan mencegah kebatilan
"salah satu kewajiban seorang muslim adalah mencegah kemungkaran dan menyerukan kebenaran. Maka cegahlah kemungkaran dengan tangan (berhasil mencegah kemungkaran itu), bila tidak mampu adalah dengan lisan (walaupun tidak berhasil mencegah kemungkaran itu), bila tidak mampu juga (takut) ingkarilah kemungkaran dengan hati, selain daripada itu maka sungguh dia mendapatkan dosa seperti pelaku kemungkaran karena telah membenarkan kemungkaran itu".
(ashabul muslimin dari hadits nabi)

80. Takwa hanya ada dalam hati
"Taqwa itu letaknya dalam hati bukan dalam mulut atau penampilan. Oleh karena itu belum dikatakan benar-benar bertakwa bila seorang muslim masih gemar menyakiti sesamanya".
(ashabul muslimin dari hadits nabi)

81. Salah satu jalur ke surga
"Menuntut ilmu (agama) merupakan salah satu jalan menuju surga"
(Ashabul muslimin dari hadits nabi)

82. Nasab tak menjamin nasib
"Nasab tidak menjamin nasib, nasib tidak menjamin nasab. Maka jangan membangga-banggakan kesalihan keturunannya namun contohlah kesalihan keturunannya, karena petunjuk dari Allah itu diperoleh dengan tawakal bukan dengan kebanggaan semata".
(ashabul muslimin dari hadits nabi)

83. Siapakah Wali Allah?
"Wali Allah adalah setiap orang beriman kepada Allah. Kemuliaan kedudukan disisi-Nya tergantung ketakwaannya".
(ashabul muslimin dari hadits nabi)

84. 4 hal perbuatan dosa yang diampuni
"Allah tidak mengampuni dosa kecuali 4 hal : dosa yang tidak disengaja, karena lupa , karena dipaksa, dan dosa yang disengaja namun diiringi taubat nasuha".
(ashabul muslimin dari hadits nabi)

85. Manfaat kesempatan sebelum datang kesempitan
"manfaatkan usia muda sebelum datang usia tua. Karena waktu takkan pernah mundur dan ibarat muda waktu menanam dan tua adalah waktu memanen. Maka akan menyesal orang yang menyia-nyiakan masa mudanya untuk hal yang sia-sia sehingga masa tuanya hidup menderita".
"Sesal tak mengubah nasib. Hanya menambah derita dan luka dalam hati".
(ashabul muslimin dari hadits nabi)

86. makna matahari terbit dari barat
"Takan berakhir zaman sebelum matahari terbit dari barat. Karena umatnya telah membuang pedoman dari timur (petunjuk dari Rasulullah) dan lebih memilih berkiblat kearah barat (meniru budaya barat yang serba glamour, kerusakan moral , ateis dan individualisme."
(ashabul muslimin)

87. Pintu zina yang terlebar
"Zina takkan terjadi bila tidak diawali dengan pendekatan. Dan pendekatan zina paling besar adalah yang dinamakan dengan khalwat / berduaan ditempat sepi (pacaran)".
(ashabul muslimin)

88. Jagalah pandangan sebelum terkena racun hati
"Jagalah pandanganmu. Karena pandangan adalah anak panah iblis. Jika kau memperturutkannya maka kau telah terkena panah beracun yang menyebabkan hatimu rusak. Jika kau mampu menahan pandangan (dari yang haram) maka kau telah urung dari sasaran tembakan iblis".
(ashabul muslimin dari hadits nabi)

89. Fitrah manusia adalah bertauhid
"Anak manusia dilahirkan dalam keaadaan fitrah (bertauhid / mengakui Allah satu-satunya Tuhan). Orangtuanya yang menjadikan seorang kafir dari kalangan yahudi, nasrani atau majusi". Maka tak bisa disangkal kalau tanggung jawab pendidikan paling utama adalah pendidikan dari orang tuanya".
(ashabul muslimin dari hadits nabi)

90. Membongkar rahasia musuh / konspirasi
"Jika kau ingin membongkar rahasia musuh maka pelajari saja produk-produk buatan mereka maka kau akan temukan simbol-simbol idelologi / pemikiran mereka. Karena ibarat "air hujan pasti jatuhnya kelaut juga". Yaitu segala sesuatu yang manusia buat pasti susunannya tidak jauh dari dasar pemikiran pembuatnya".
(Ashabul muslimin )

91. Setan membuat lingkaran sistem
"Sistem setan berbentuk lingkaran. Maka jangan sampai coba-coba (penasaran) memasuki lingkaran setan bila kau tidak ingin berputar-putar terus dalam lingkaran itu dan kehilangan arah (tujuan hidup)".
"Lingkaran disini adalah saling keterkaitannya sebuah sistem / doktrin yang dibuat iblis dan pengikutnya untuk menyesatkan manusia. Kesesatan satu akan merembet kedalam kesesatan yang lainnya bila dibiarkan". Dan akan terus berputar-putar dari kesesatan satu kedalam kesesatan lainnya sampai manusia benar-benar binasa".
"Misalnya menolak hukum islam tidak saja membuat sistem negara amburadul tapi juga merembet membuat moral bangsa amburadul dan tata sosial yang berantakan". Moral yang amburadul pasti akan tidak mengenal apa itu sya'riat islam dan apa itu kedamaian".
(ashabul muslimin)

92. Jangan mendekati lubang
"Jangan dekat-dekat lubang jika tidak ingin terperosok. Jangan dekat-dekat (akrab) dengan orang kafir bila tidak ingin ketularan kafir.!!!".
(Ashabul muslimin)

93. Buatkan dasar sebelum membuat puncak
"Sebelum anda membuat puncak bangunan yang tinggi, maka buatlah dasar yang kuat agar bangunan tidak runtuh. Sebelum anda mendalami ilmu agama lebih jauh maka pelajari dasar agama dulu dengan baik (ilmu tauhid) supaya keimanan tidak mudah goyah".
(ashabul muslimin)

94. Sifat Iblis = congkak bin pembangkang
"Sejak pertama iblis itu makhluk pembangkang dan sombong. Pastilah ajaran-ajaran dan produk dari iblis mengajari membangkang kepada Allah dan menyombongkan diri diatas dunia".
(ashabul muslimin)

95.  jangan menganggap segala pemikiranmu benar
"Seseorang yang suka mengagung-agungkan akalnya (menyembah akal) yang serba terbatas itu hakikatnya sedang dibudak setan . Karena setan telah membuat apa yang dipikirkan serba benar dan akhirnya tidak mau mengikuti Petunjuk dari Tuhan (Allah) darimanapun juga. Tidak mau ambil pusing dan lebih memilih kesesatan akalnya".
(Ashabul muslimin)

96. Yang selamat dari tipudaya iblis
"Tiada orang yang selamat daripada tipudaya iblis melainkan orang yang ikhlas kepada Allah. Yaitu orang yang benar-benar bersungguh mengamalkan ajaran Rasulullah tanpa mengharap imbalan pujian atau materi dan menjauhi segala larangan-larangan dengan kesadaran diri."
(ashabul muslimin disarikan dari Qur'an)

97. 6 cara setan menggoda manusia
"ada 6 cara setan menjerumuskan manusia keneraka yaitu :
Tujuan utama syaiton menggoda manusia adalah untuk membuat manusia berbuat syirik dan murtad.
Jika tidak berhasil maka setan akan membuat manusia berbuat amalan sia-sia (walaupun kelihatan baik).
Jika tidak bisa maka setan akan menggoda manusia untuk melakukan dosa besar.
Jika tidak berhasil maka setan akan menggodanya untuk melakukan dosa-dosa kecil dan meremehkannya (tidak bertobat).

Jika tidak bisa maka setan akan menggodanya untuk menyibukan diri dengan hal yang mubah sehingga lalai kewajiban.
Jika tidak bisa juga maka setan akan menggodanya untuk melakukan amalan yang sedikit pahalanya sehingga melupakan amalan yang lebih besar pahalanya.
Jika tidak bisa juga maka setan akan menyerah karena seorang hamba sudah mencapai tingkatan mukhlisin (orang ikhlas)".
"Jika manusia meremehkan dosa-dosa (tidak bertobat) maka akan berlanjut ketingkatan dosa lebih tinggi dan berakhir pada amalan syirik. Maka tak sepantasnya seorang muslim meremehkan dosa karena ibarat "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit (dosa)".
(ashabul muslimin dari kitab Madakhilus Syaithon 'alas shalihin)

98. 12 tempat setan nongkrong
"Ada 12 Tempat bersemayamnya setan (jin) yaitu :
1. Tempat peristirahatan unta.
2. Tempat buang air besar dan kecil
3. Lembah-lembah.
4. Tempat sampah dan kotoran.
5. Pekuburan.
6. Tempat yang telah rusak dan kosong.
7. Lautan
8. Celah-celah di bukit.
9. Tempat-tempat kesyirikan, bid'ah dan kemaksiatan
10.Rumah-rumah yang di dalamnya dilakukan kemaksiatan
11.Pasar-pasar
(Ashabul muslimin dari hadits nabi)

99. Tawassul dengan Asma'ul Husna
"Allah SWT mempunyai 99 nama yang tercantum dalam al-Qur'an. Maka salah satu sebab terkabulnya do'a adalah dengan memuji-Nya. Maka pergunakan nama-nama itu untuk berdo'a meminta segala sesuatu InsyaAllah mustajab".
(Ashabul muslimin)

100. 4 Cara tawassul yang sah
"Hanya ada 4 Tawassul (perantara terkabulnya do'a)  yang sah sesuai ajaran Qur'an dan Rasul yaitu :
"Tawassul dengan Asma'ul Husna (dengan memuji-Nya)"
"Tawassul kepada Allah dengan amal kebaikanya yang sudah berlalu"
"Tawassul dengan Amal Shalih (yang baru saja dikerjakan)"
"Tawassul dengan (memintakan) Doa orang shalih yang masih hidup"
Selain tawassul dengan cara itu maka waspadalah!. Karena bisa jadi memuat ajaran syirik dan kesesatan".
(Ashabul muslimin disarikan hadits dan Qur'an)

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah