Sabtu, 09 Desember 2017

Curhatan Wong Jowo : Kenapa Ustadz Sukses Biasanya Dari Santri Pesantren Ndeso?

tak takon sopo sing iso jawab?? nangopo akeh kyai .. pak ustad sing temen ora moto duiten ora golek popularitas.. ngandani sitik akeh kasunyatane?? iku malah seko santri ndeso..santri gunung? dudu santri kota?
kan jelas kota kui pola kehidupane pie?? bedo to karo ndeso.. cedak karo alam.. cedak karo Alloh.. nangopo deso luih cedak karo Alloh .. prihatine wong ndeso kui gede gede..tepo slirone ono.. unggah ungguhe ono.. simpati lan empatine ono.. yen kuto? prinsipe kan semakin bnyk uang semakin dimuliakan sekitar.. gak ada uang gak bisa hidup.. jadi banyak menghalalkan segala cara untuk dapat harta meski harus jual kedok agama.. mbuh bener po ora omonganku ojo bantah sik.. pikir sing tenanan.. telitilah kenyataan..

Artinya : Aku mau tanya siapa yang bisa menjawab kenapa kyai atau ustadz yang benar dan sungguh sungguh itu berasal dari santri desa?
Kalau nasehat nya itu sering sesuai kenyataan atau banyak hikmahnya ... itu udah jelas dilihat dari cara hidup santri kota dan santri desa juga berbeda. Orang desa dekat dengan alam dekat dengan Tuhan ada tata krama dan simpatinya juga solidaritas sangat tinggi beda dengan kehidupan kota yang materialis gak ada uang ga bisa makan mati ga ada yang peduli saking kerasnya hidup sampai rela jual agama demi kekayaan dan popularitas.


sering saya dikatakan tukang ngarang dan sok tahu sebagai orang yang sok tahu.. memang harus banyak tahu.. tapi andai kata kalian mengerti apa yg kami rasakan kalian tentu tidak akan berkata begitu.. kadang orang bisa melihat dunia dari yang nampak saja seperti melihat rumah dari luarnya yang didalamnya tak nampak apa.. seperti itu juga dunia.. keburukan keburukan skrng ini bersembunyi dibalik topeng..

jgn suudzon dulu. kata mereka.. saya tidak buruk sangka pakde bude..tapi itu nampak didepan mata dan pikiran saya dan tapi itu juga sudah diterangkan nabi saw.. yaitu akan muncul banyak fitnah (godaan)sehingga orang harus lari kegunung untuk menyelamatkan akidahnya.. pagi beriman sore kafir .. sore beriman pagi kafir.. mereka manusia menjual agama demi kepuasan nafsu yang hina dan sangat sedikit manfaatnya. semboyan kecil saja untuk kita "Lestarikan Budaya Luhur Islam" yang dimaksud budaya bukan kesenian bukan pula adat.. tapi budaya luhur disini adalah tepo sliro .. unggah ungguh.. ahlak mulia yang diajarkan jaman rasulullah saw harus tetap kita lestarikan dimanapun kita.. jgn mau kehilangan jati diri sebagai muslim.. hanya karena penyakit latah suka ikut ikutan tanpa tau yang diikuti itu sesat dan masuk lubang biawak..

lagi tren bikini pada pakai bikini lagi tren jilbob pakai jilbob..meski harus rela mencemarkan nama agama .. atas kerudung bawah kelihatan boob nya itulah jilboob yg tren skrng.. juga tren emo dan tren punk ikutan punk..dsb itu contoh kecil jmn skrng.. untuk menunjukan keislaman cukup penampilan sopan gak harus ke arab2an pake peci harus jenggot panjang kemana mana dan cadar trus bahasa harus pakai antum anti akhi uhti afwan dsb cukup pakaian apa adanya busana rapi menutup aurat .. itulah yg diajarkan islam.. sopan rapi dan menutup aurot..islam tak harus mirip arab tapi islam harus menutup aurot dan sopan .. karena islam agama universe.. agama seluruh alam.


ya karena memang dunia tidak hanya ada suku arab dan budaya arab ada melayu jawa sunda londo jepang cino dsb...masing masing punya budaya dan adat masing masing alangkah baiknya jika adat itu sesuai dengan yg diajarkan islam dan harus dilestarikan..kalian tidak akan pernah menyaksikan idul fitri si
seindah dipulau jawa.. ada silaturahim kesana kemari akan jarang kalian lihat diluar jawa ..apalagi luar negri.. kalian tak akan menemukan suasana kehangatan idul fitri.. malam takbiran esok pagi selesai udah gak ada apa apa gtu aja para penganut islam dikota .. adat istiadat inilah yg harus kita lestarikan

yang jelek yang tidak sesuai islam buang jauh jauh seperti kebiasaan menaruh sesajen nenek moyang jawa itu sebaiknya ditinggalkan sesajen adalah untuk dimakan setan itu adalah kemusyrikan. besok lagi wassalamualaikum

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah